Instructional Designer, kerjaannya apa?

Jika Anda termasuk orang yang suka belajar hal-hal baru, mungkin profesi “Instructional Designer” atau IS cocok untuk Anda. Seorang IS harus terus-menerus belajar. Ia juga harus menguasai beberapa skill lain misalnya menulis, riset, dan juga pemahaman bagaimana manusia belajar.

Apa sebenarnya pekerjaan seorang IS? dengan target peserta yang cenderung ke arah pekerja milenial, pendekatan pembelajaran model satu arah (lecture) tentunya kurang cocok. Pendekatan pembelajaran yang sekarang semakin populer adalah “Experiential Learning”  atau XL.

XL tidak hanya untuk kegiatan pembelajaran outdoor yang penuh dengan aktivitas. Model pembelajaran di kelas pun bisa menggunakan pendekatan XL. Sebagai seorang IS, justru kita harus membuat sebanyak mungkin kesempatan kepada pembelajar untuk MEMPRAKTIKKAN apa yang DIPELAJARI.

Intinya, tugas seorang IS adalah MERANCANG PENGALAMAN (PEMBELAJARAN). Oleh karena itu sekarang sedang berkembangan istilah IS sebagai XD (Experiential Designer). Bangun lingkungan yang aman dan bebas risiko untuk melakukan eksplorasi dari materi yang dipelajari. Dan jangan lupa, harus FUN!

IS bukan sekedar memindahkan materi ke dalam slide-slide powerpoint. Yang seharusnya dilakukan seorang IS adalah menambahkan proses yang menghasilkan PENGALAMAN dan PRAKTIK pembelajaran.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari teori-teori tentang “Instructional Design”, Anda bisa belajar dari link-link berikut:

Referensi:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.