Kekuatan “BELUM”

I watched this TED video and thought you would find it interesting.

Ada sekolah di Chicago Amerika, jika ada murid yang tidak lulus ujian mereka memberi nilai “BELUM LULUS” dan bukan “GAGAL”. Ini memberikan pengertian kepada muridnya bahwa mereka bukan gagal dan memang tidak mampu, melainkan menunjukkan bahwa para murid ini masih ada di dalam proses belajar dan sedang berusaha memahami.

Sekelompok anak di beri soal matematika yang sulit. Sebagian anak merasa tertantang; sebagian merasa dapat musibah. Anak yang merasa tertantang paham bahwa kemampuan mereka bisa dikembangkan. Inilah yang kita sebut sebagai Growth Mindset. Sedangkan untuk anak yang merasa mendapat musibah mereka merasa kemampuannya sudah mentok, sehingga mereka merasa gagal. Inilah yang disebut Fixed Mindset. Bagaimana dengan Anda? Apa yang Anda rasakan ketika menemui masalah sulit?

Ilmuwan mengukur aktivitas otak ketika anak-anak ini menghadapi masalah dan menemukan bahwa otak anak2 yang memiliki fixed mindset hampir tidak ada aktivitas. Sedangkan di otak anak-anak yang memiliki Growth Mindset terlihat otak mereka seperti “terbakar”. Mereka sangat engaged dan tertantang.

Bagaimana cara kita membina anak-anak kita? Caranya, jangan puji kecerdasan atau kepintarannya. Pujilah proses yang mereka alami: strateginya, fokusnya, semangatnya, dan perbaikannya. Dengan menggunakan kata “belum”, anak-anak akan semakin PD.

Referensi:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.